4 Cara Mengatasi Asam Urat Pada Kaki yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp
4-Cara-Mengatasi-Asam-Urat-Pada-Kaki-yang-Wajib-Anda-Ketahui
Foto dari Canva

Sering kali orang-orang beranggapan bahwa asam urat hanya diderita oleh lansia karena faktor degeneratif. Padahal gaya hidup tidak sehat di era modern telah menjadi salah satu penyebab asam urat bisa diderita siapa saja, termasuk anak-anak atau remaja. Bila asam urat sudah kambuh di bagian tubuh tertentu, maka nyeri sendi parah bisa membuat Anda merasa kurang nyaman. Pastikan Anda tahu apa saja penyebab asam urat pada kaki dan cara mengatasinya, ya!

Cara Mengatasi Asam Urat Pada Kaki

Asam urat terjadi disebabkan oleh kadar asam urat dalam tubuh yang terlalu tinggi sehingga terjadi pengkristalan pada persendian. Tidak heran bila penderita dengan kadar asam urat tinggi mengalami nyeri hebat, bengkak, bagian yang menonjol terasa panas dan kemerahan, serta Anda bisa saja tidak mampu berjalan akibat pembengkakan ini. Pada kondisi tertentu, kaki yang mengalami nyeri sendi akibat penumpukan asam urat bisa terkelupas, menjadi lebih kering dan iritasi.

Read More

Selain dipicu masalah usia, konsumsi makanan yang kaya purin bisa menyebabkan Anda alami asam urat seperti jeroan, daging merah, emping melinjo, tape ketan, makanan kaleng, dan lain-lain. Pastikan Anda tahu apa saja penyebab asam urat agar bisa menghindari atau mencegah asam urat kambuh. Asam urat tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa mengurangi rasa nyeri dan bengkak di kaki dengan cara berikut :

1. Menggunakan kompres dingin

Biasanya asam urat pada ibu jari akan membuat Anda merasa tidak nyaman, apalagi Anda yang perlu bekerja dengan sepatu hak tinggi. Namun, Anda bisa mencoba mengurangi peradangan sendi pada kaki dengan kompres air dingin. Bisa juga memakai es batu yang dibalut dengan kain bersih dan letakkan di bagian kaki yang bengkak atau nyeri, ya!

2. Minum air putih lebih banyak

Jangan malas untuk minum air putih lebih banyak sebab air putih bisa menetralisir kenaikan asam urat yang diubah menjadi urine. Anda wajib memasang pengingat untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas setiap hari, ya!

3. Konsumsi obat pereda nyeri

Asam urat tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa mencegah asam urat kambuh lagi. Demi mengurangi asam urat dalam tubuh akibat konsumsi makanan kaya purin, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri asal sesuai dengan resep dokter. Dokter akan memberikan obat yang relevan dalam meredakan  nyeri sendi Anda, misalnya obat anti peradangan, anti nyeri dan obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat Anda lebih cepat.

4. Menghindari makanan kaya purin

Ada banyak jenis makanan yang kaya purin dan wajib Anda hindari mulai sekarang yaitu jeroan, daging merah, emping melinjo, ikan asin, makanan berlemak, dan alkohol. Bila Anda tidak segera melakukan pencegahan asam urat tinggi, maka penumpukan kristal asam urat akan menyerang dan bisa mengganggu organ ginjal. Agar tubuh Anda tetap bugar dan bisa mengontrol kadar asam urat dalam tubuh, sebaiknya Anda menghindari gaya hidup tidak sehat dan mulai rutin berolahraga setiap hari.

Apa saja penyebab asam urat pada kaki karena Anda terperangkap gaya hidup yang salah selama ini. Hindari mengkonsumsi makanan kaya purin untuk mencegah asam urat kambuh, apalagi Anda yang sudah memasuki usia di atas tiga puluh tahun.

Selain itu, penyebab asam urat karena kondisi medis tertentu seperti hipotiroidisme, psoriasis dan insufisiensi ginjal bisa mengakibatkan asam urat kambuh. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter bila asam urat sering kambuh dan menyebabkan aktivitas harian Anda menjadi terganggu, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *