Sebelum Membeli Masker, 3 Hal ini Perlu Anda Pertimbangkan

  • Whatsapp
Sebelum-Membeli-Masker-3-Hal-ini-Perlu-Anda-Pertimbangkan
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Kebutuhan akan masker saat ini semakin meningkat. Tidak heran jika mulai banyak penjual masker dadakan, terutama penjual masker kain. Selain mulai menjamurnya pedagang masker, variasi masker pun menjadi beragam. Beberapa diantaranya adalah model masker dengan variasi brukat, bordir, hingga masker fullprint.

Pertimbangan Saat Memilih Masker

Di pasaran terdapat berbagai jenis masker. Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa beberapa masker pada dasarnya tidak ditujukan untuk Anda yang sehat. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih masker. Lalu, apa saja pertimbangan yang harus dilakukan saat membeli masker? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Read More

1. Kenali jenis-jenis masker dan kelebihannya

Jenis masker yang beragam, seringkali membuat bingung. Apalagi ketika masing-masingnya memiliki kelebihan serta prioritas penggunaan yang berbeda. Bagi masyarakat umum, terdapat 3 jenis masker yang mudah ditemukan, yaitu:

  • Masker N-95

Jenis masker N-95 memiliki kerapatan dan daya filtrasi yang tinggi. Partikel berbahaya di udara dapat disaring dengan efektif oleh masker ini, sehingga mampu membuat Anda lebih aman.

  • Masker bedah atau surgical mask

Meski bernama masker bedah, Anda dapat dengan mudah membelinya di apotik. Umumnya, masker ini berwarna hijau atau putih. Masker bedah memiliki tiga lapisan yang dinilai efektif bahkan untuk menyaring partikel udara kecil. Daya filtrasi masker ini juga termasuk tinggi, yaitu mencapai 90%.

  • Masker kain

Untuk menangkal virus dan bakteri, masker berbahan kain memang tidak sepenuhnya efisien. Akan tetapi, meski filtrasinya rendah, masker ini dapat digunakan berulang. Selain itu, lama penggunaan masker jenis ini juga terbatas, yaitu maksimal empat jam. Anda dapat menggunakannya kembali setelah dicuci bersih.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap orang pasti akan memberikan usaha terbaik dalam menjaga kesehatannya. Begitu pula ketika membeli masker, pasti Anda akan mencari masker dengan kualitas dan fungsi terbaik. Namun, kebutuhan masker yang meningkat membuat setiap jenisnya harus digunakan dengan tepat sesuai kebutuhan.

  • Masker N-95

Lebih diprioritaskan untuk digunakan oleh orang yang mengatasi asap besar seperti kebakaran hutan, petugas medis, dan pekerja yang bertugas di sekitar zat berbahaya.

  • Masker bedah atau surgical mask

Meskipun harga terjangkau dan dijual bebas, masker ini diutamakan untuk tenaga medis dan orang sakit. Kelebihan daya saringnya yang baik, mampu menekan penularan virus dari diri sendiri maupun orang lain.

  • Masker berbahan kain

Masker kain lebih baik digunakan oleh Anda yang sehat serta memiliki imunitas tinggi. Masker ini memiliki banyak varian dan tentunya juga dapat Anda sesuaikan untuk kebutuhan fashion. Salah satunya, menggunakan masker fullprint dengan gambar berwarna.

3. Pilih masker dengan harga terbaik

Masker disarankan untuk diganti secara rutin. Termasuk masker bahan kain yang dapat digunakan berulang, sehingga Anda membutuhkan stok cadangan. Terkadang harga masker dapat berbeda-berbeda.Oleh karena itu Anda harus bijak dalam mempertimbangkan harga masker. Untuk masker bedah, akan lebih murah jika Anda membelinya per box dibanding secara ecer.

Tiga hal di atas merupakan cara yang bisa Anda terapkan ketika memilih masker. Meski masker dapat menjadi salah satu cara untuk menanggulangi penularan virus, penting juga bagi Anda agar selalu menjaga kesehatan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi.

Intinya, pilihlah masker sesuai kebutuhan dan kondisi Anda. Jika Anda sehat, masker kain dapat menjadi pilihan untuk aktivitas sehari-hari di luar rumah. Selain itu, Anda juga dapat tetap memaksimalkan penampilan dengan menggunakan masker fullprint.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *