Memilih Bahan Dasar Packing Sesuai Barang yang Dikirim

  • Whatsapp
Memilih-Bahan-Dasar-Packing-Sesuai-Barang-yang-Dikirim
Foto dari Canva Pro

Jasa kirim barang belakangan ini berkembang dengan pesat, pasalnya di zaman sekarang orang lebih banyak melakukan jual-beli online. Di saat perkembangan dunia digital kian pesat seperti saat ini, bisnis online memang semakin tumbuh subur, terutama yang berkaitan dengan penjualan barang.

Namun, banyak orang yang masih ragu melakukan bisnis jual beli barang online karena merasa sulit dalam hal pengemasan barang. Padahal tidaklah sesulit itu, asalkan Anda mengetahui bagaimana memilih bahan dasar packing yang tepat, maka akan lebih mudah.

Read More

Bahan Dasar Packing

Sederhananya, hal yang perlu Anda ketahui adalah berbagai bahan dasar pembungkus dalam hal pengemasan dan menyesuaikannya dengan barang yang akan dikirim. Berikut ini adalah 4 bahan dasar pembungkus packing yang penting untuk Anda ketahui:

1. Amplop

Amplop sering dipakai sebagai pembungkus barang kiriman seperti surat, juga untuk pengiriman barang ringan lainnya seperti foto, buku, majalah, CD, dan lainnya. Dalam memilih amplop untuk pembungkus pastikan Anda memilih amplop dengan bahan cukup tebal.

Jika barang yang dikirim cukup berat seperti buku atau majalah, bisa gunakan plastik pelapis sebelum membungkusnya dengan amplop untuk menghindari ujung-ujung tajam merusak amplop.

2. Kardus

Jasa kirim barang kebanyakan menganjurkan pengiriman menggunakan kardus karena sangat universal. Anda bisa menggunakan kardus untuk membungkus benda ukuran kecil hingga besar. Hanya tinggal mengatur besarnya kardus sesuai kebutuhan.

Berbagai benda seperti kosmetik, obat, benda elektronik, biasanya di-packing menggunakan kardus. Apabila bendanya mudah rusak sebaiknya dibungkus dahulu dengan bubble wrap barulah dimasukkan ke dalam kardus. Beri juga ganjalan agar benda yang dipacking tidak bergerak sehingga meminimalkan risiko kerusakan.

3. Plastik

Pembungkus plastik untuk packing biasanya digunakan untuk benda-benda yang tidak mudah rusak karena benturan. Misalnya kain atau pakaian. Untuk barang lainnya seperti pernak-pernik juga bisa menggunakan pembungkus plastik, tapi ditambahkan bubble wrap terlebih dahulu.

Biasanya kantong plastik hitam dan tebal menjadi pilihan agar barang yang dikirim tidak terlihat dari luar dan plastiknya tidak mudah koyak. Anda juga bisa menambahkan lakban bening untuk menambah kekuatan packing plastik.

4. Kayu

Jenis packing yang satu ini hanya digunakan untuk pengiriman benda-benda tertentu yang harus dijaga keamanannya dengan baik. Contohnya benda pecah belah seperti keramik, mug, hiasan meja, dan lainnya.

Kayu merupakan pelindung paling luar yang dapat menjaga barang yang Anda kirim tetap terjaga keamanannya. Biasanya dibentuk menjadi box agar memudahkan saat memindahkan paket tersebut. Apabila barang sudah dipacking kayu, biasanya kurir akan lebih berhati-hati saat mengirimkan paket tersebut.

Bukan hanya jasa kirim barang yang memiliki pengaruh besar bagi keselamatan paket yang dikirim. Akan tetapi, pembungkus yang Anda gunakan pun turut serta dalam menjaga keamanan paket. Jadi, ketika melakukan pengemasan barang gunakan pembungkus yang sesuai sehingga keamanan kiriman Anda terjaga hingga berada di tangan pemesan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *