5 Kiat Mengajari Anak Belajar Hidup Sehat Sejak Dini

5-Kiat-Mengajari-Anak-Belajar-Hidup-Sehat-Sejak-Dini
Foto dari Canva

Lingkungan yang bersih dan sehat akan mendukung kehidupan keluarga yang lebih produktif. Tidak heran bila anak-anak yang dibesarkan di lingkungan yang bersih dan sehat bisa memiliki prestasi lebih unggul. Perilaku hidup bersih dan sehat harus diajarkan sejak dini agar si kecil memiliki kebiasaan baik sampai dewasa kelak. Kalau Anda bingung bagaimana mengajari anak belajar hidup sehat sejak dini, simak ulasan singkat di bawah ini.

Cara Mengajarkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Anak-anak usia bermain tentu menyukai aktivitas fisik di dalam dan luar ruangan. Anda bisa tetap mengawasi si kecil yang bermain tanah, bermain air atau benda yang rentan terkena kuman dan bakteri. Pastikan si kecil rajin mencuci tangan dan mandi memakai sabun agar terbebas dari risiko penyakit. Agar anak semakin memiliki perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini, maka simak beberapa cara berikut :

Read More

1. Mengajari anak makan yang sehat

Makan yang sehat menjadi kunci hidup yang semakin produktif pada anak-anak hingga orang dewasa. Sejak ia berusia dini pun, Anda bisa membantu si kecil mempelajari porsi makan yang seimbang. Ajari anak belajar makan sayur, minum susu, mengunyah makanan lebih lama, memilih camilan sehat, dan lain-lain.

2. Memastikan anak minum air putih dan punya jam tidur yang cukup

Kebutuhan air putih untuk menopang kesehatan si kecil perlu dikenalkan sejak dini. Anak bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian dengan minum susu, tapi tetap ajarkan minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, anak Anda harus dibiasakan tidur siang setidaknya setengah sampai satu jam setiap hari. Pastikan pula ia memiliki pola tidur malam yang baik minimal 8-10 jam, ya!

3. Ajak si kecil rajin berolahraga

Bila orangtua tidak suka olahraga, maka anak akan menjadi peniru yang ulung. Anda bisa mengajari anak menerapkan perilaku hidup sehat dengan rajin olahraga setiap hari. Mengajaknya melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan seperti lari pagi atau bersepeda akan mendukung kehidupan yang lebih seimbang saat ia dewasa kelak.

4. Ajari anak pola hidup yang bersih

Pola hidup yang bersih mulai rajin mencuci tangan, selalu menyikat gigi dengan baik, menutup mulut saat bersin atau batuk, mencuci tangan pakai sabun setelah menyentuh benda kotor atau hewan, dan masih banyak kebiasaan bersih yang perlu ditanamkan sejak dini.

Ajak anak Anda untuk membersihkan rumah setiap hari, misalnya bantu dia membersihkan kamar sendiri, mencuci piring atau hal-hal yang bisa membentuk kepribadian bersih dan mandiri sejak dini.

5. Mengelola stress pada anak

Anak-anak juga rentan mengalami stress seperti orang dewasa sehingga Anda perlu mengajari anak mengatasi hal tersebut. Sesekali ajak anak melakukan hobi yang disukai, bantu ia bercerita tentang hari yang dilewati, bermain bersama teman sebaya, dan aktivitas yang membuat si kecil selalu bahagia.

Anak yang tumbuh dengan fisik dan mental lebih bahagia akan memiliki kehidupan masa dewasa yang lebih bagus. Dukungan orangtua menjadi kunci kesuksesan membentuk kepribadian anak yang lebih baik sejak kecil, lho!

Dari berbagai tips bermanfaat di atas, mungkin Anda harus mulai mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak si kecil kanak-kanak. Memang butuh kesabaran dan kedisiplinan tinggi dalam mengajari perilaku bersih dan sehat tersebut, tapi Anda tidak boleh menyerah. Si kecil yang tumbuh dengan kebiasaan yang baik akan membawa kebiasaan tersebut sampai ia dewasa nanti. Yuk, ajari si kecil punya kebiasaan sehat mulai sekarang, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.